Penggunaan Library dan Dialog Box

Sunday, March 26, 2017

Penggunaan Library dan Dialog Box


Pada blog post saya berikut ini saya akan menunjukkan cara membuat program membaca input yang dimasukkan dari user program menggunakan Scanner dan cara membuat Dialog Box menggunakan Java. Saya akan menunjukkan program yang menggunakan perintah Scanner pada Java sebagai cara mengetahui input dari user, program yang menampilkan dialog box, dan program pertama yang dimodifikasi sehingga menggunakan dialog box sebagai GUI user untuk memasukkan data.

Program pertama adalah sebuah program yang menyimpan nilai saldo user. Program ini didesain untuk memiliki dua slot saldo, yaitu account1 dan account2. Program ini akan menerima input dari user berupa saldo yang akan ditambahkan oleh user. Kemudian data yang diinput akan ditambahkan ke saldo yang sudah direkam kedalam data.

Program ini menggunakan dua class, yaitu class Account dan AccountTest. Berikut ilustrasi class diagram dari class Account:


Pada class Account digunakan variabel balance untuk menyimpan nilai saldo. Method credit digunakan untuk menambah nilai yang diinputkan oleh user kedalam saldo awal. Kemudian hasil penjumlahan itu disimpan menjadi nilai saldo saat itu. Method getBalance berfungsi untuk mengembalikan nilai saldo yang tersimpan.

Class AccountTest berfungsi untuk menampung input dari user dan mengembalikan output nya. Metode input menggunakan Scanner. Dapat dilihat dari baris ke-8, kita harus memasukan java.util.Scanner terlebih dahulu untuk dapat menggunakan Scanner. Kemudian, Scanner harus dibuat. Caranya adalah dengan mengimpor library ‘Scanner input = new [nama_Scanner] (System.in);’. Kemudian, untuk mendeklarasikan input setelah membuat Prompt, buat perintah ‘[variable] = input.nextLine();’, ini untuk menginput apa yang diinputkan dalam satu baris pertama yang diinputkan user. nextLine bisa diganti dengan nextInt untuk variabel yang beratribut int, atau nextDouble untuk variable yang beratribut double. Setelah melakukan input, program akan mengeluarkan saldo yang sudah diubah. Proses input dan output ini berulang dua kali, pertama untuk modifikasi saldo account1, yang kedua untuk account2.

Berikut kode dari kedua class tersebut:

Dan berikut gambar input dan output dari program:
 
Program kedua mengajarkan cara membuat dialog box pada java. Pembuatan dialog box menggunakan Swing. Program ini hanya menggunakan satu class tunggal. Fungsi dari program ini cukup simpel, hanyalah membuat output berupa dialog box dengan satu kalimat.

Cara untuk dapat membuat dialog box adalah dengan mengimpor library JOptionPane, caranya dengan memasukkan perintah ‘import javax.swing.JOptionPane;’. Dengan begitu swing dapat digunakan. Kemudian, untuk memunculkan dialog box, masukkan perintah ‘JOptionPane.showMessageDialog’. Dalam kasus program ini, saya hanya memunculkan satu kalimat biasa yang berkata ‘Welcome to Java’.

Berikut kode dari class:

Berikut output dari program:

Dalam program kedua diajarkan cara membuat input dengan dialog box. Bukan hanya menampilkan kalimat saja, dialog box juga dapat digunakan sebagai sarana input dan output dari suatu program. Untuk melakukan input, pertama digunakan baris ‘[Atribut] [variable] = JOptionPane.showInputDialog (“[kalimat prompt]”);’. Ini akan menampilkan dialog box berupa pertanyaan/kalimat prompt dan sebuah kotak yang bisa diisi dibawahnya. Kemudian ada tombol ‘OK’ di bawahnya. Input dapat dilaksanakan. Data yang dimasukkan user akan menjadi nilai dari variable yang dideklarasikan dalam baris itu.

Berikut kode dari class tersebut:

Kemudian gambar input dan output dari dialog box:


Kemudian program terakhir, adalah menggabungkan apa yang didapatkan dari ketiga program diatas. Tujuannya adalah memodifikasi class AccountTest agar input dan output dapat menggunakan dialog box sepenuhnya, tanpa harus membuka konsol. Akibatnya, bukannya modifikasi, lebih seperti membuat baru, karena cara Scanner tidak digunakan jika input digunakan menggunakan dialog box, jika caranya seperti yang diajarkan pada project sebelumnya. Maka dari itu, dibuatlah sebuah class baru, bernama AccountGUI, yang berfungsi menjalankan project seperti AccountTest, namun dengan interface dialog box.

Cara input yang dilakukan juga agak sulit, karena data yang dimasukkan harus berupa double, bukan String biasa. Maka dari itu, setelah input dilakukan, hasil input langsung diubah menjadi double, dan dapat dimasukkan ke dalam method credit. Kemudian, hasil perhitungan dikeluarkan melalui dialog box juga.

Berikut kode dari class AccountGUI:

Berikut input dan output dari dialog box:



0 comments :

Post a Comment